Sunday, October 25, 2009

KOTAK PERTANYAAN anak SD MANGUNAN

seperti tulisan saya kmrn mengenai kegiatan CHC, lambat laun saya mulai mengenal anak anak disana. (jujur, sakjane ki aku gag seneng karo anak anak tapi yo gag benci benci banget, muk nek nyebahi yo aku iso sengit tenan. untunge hurung ono sik nyebahi~ haha)

gag bisa dibilang anak normal mereka itu (ini artinya positif lho!). keingintahuan mereka sangat besar! kemarin, 24 oktober, ada anak yang nanya : kenapa orang yang sumo itu meskipun badannya super besar tapi tetep sehat dan kuat?

karena kami menganggapnya anak anak (kadang kadang kalo kita bisa jawab mereka malah kecewa sih:’”  hihihi-alesan:P) kami membalas : kenapa ya?, dan mereka jawab : karena kalo kayak aku (tubuhnya sedikit bundar sih), kegemukan gitu bisa kena serangan jantung. tapi kalo mereka itu orang jepang banyak makan ikan salmon, jadi gemuk-nya gemuk sehat soalnya kolesterolnya bagus! (glad im a vegeQuarian)

whuaaaaaaaaa… aku shocked ngedengernya … sumpeh ..

mereka sungguh deh … hahaha unspeakable:P

selanjutnya si Hendrik ngelanjutin obrolan tentang : apa bedanya salmon sama ikan lain? salmon tu yang kayak apa? pertanyaan pertanyaan sederhana gitu, dan si anak itu (maap ga inget namanya~hix~besok akan aku tanya lagi deh) mulai mengeluarkan perbendaharaan kata yang banyak banget tentang ikan ikanan (aku gag bisa ingat~itu kata kata yang sangat asing buatku!kecuali satu nama :: ) jelas bukan ikan tawar, tapi itu ikan laut dan yang bisa aku cerna hanya baracuda (beruntung aku sering ke pelelangan ikan hahaha). dia bahkan bisa menggambarkan bentuk bentuk ikannya, seperti bencuk cucutnya, giginya smpai siripnya. ~kyaaaaaa.. *panik*

kegiatan berlanjut, di ujung kelas aku ngeliat semacam hasil pekerjaan kelompok gitu. itu semacam mading-yang isinya tentang obat obatan. mereka gunting kardus obat, lalu ditempel di karton besar yang udah di kotak kotakin sebelumnya berbentuk tabel. trus mereka tulis di sebelahnya tentang kandungan, ingredients, dan aturan minumnya. wow~sampai sejauh itu mereka belajar ya. maksutku, aku gag pernah dapat pelajaran kayak gitu di SD-ku. padahal SD-ku adalah SD Negeri Teladan se Yogyakarta (gag banyak SD swasta waktu itu-gag kayak sekarang!).

faforitku adalah KOTAK PERTANYAAN.

ya, aku sudah pernah membaca ini di beberapa blog yang lain (menulis tentang SD MANGUNAN). tentang metode KOTAK PERTANYAAN yang diterapkan di SD MANGUNAN. metode ini digunakan ketika siswa-i memiliki pertanyaan yang mereka sendiri bahkan guru gag bisa jawab.

di kelas 4, KOTAK PERTANYAAN berupa papan yang dipenuhi dengan kertas kertas pertanyaan. sedikit berbeda di kelas 5, kotak itu dibuat benar benar berupa kotak dan sepertinya dimiliki oleh setiap anak (mungkin jumlah pertanyaan semakin banyak, sehingga papan tempel aja gag cukup~). dan yang menarik buatku adalah pertanyaan pertanyaan layaknya filsufistismis (wakakakakka,,bahasa apa ini).

beberapa pertanyaan yang ada di kelas 4 ::

kemarin dore aku jalan jalan melihat derek. aku heran bagaimana kerja derek?

bu, saya pernah ak darah (?). darah saya diambil. mengapa darah berwarna merah?

kemarin aku jalan jalan ke malang. aku dan saudara sepupuku jalan jalan ke taman jatim park. aku melihat ular yang sedang memakan tikus. kenapa ular dikasih makan tikus?

Ya!! padahal mereka mungkin mau salmon!? biar gag kolesterol tinggi! lol~

aku pernah menonton film hantu. bagaimana cara membuat film hantu?

dan masih banyak pertanyaan lainnya~

pertanyaanku untuk kalian yang membaca tulisan ini. apakah kalian mempunyai pertanyaan serupa ketika SD? gag mungkin enggak kahn? (~tidak mau terlihat bodoh~hahaha) tapi apakah mereka terlampiaskan dengan baik? (terutama dalam konteks pendidikan formal di sekolah)

metode ini menurutku sangat oke. jujur aja, banyak pertanyaan yang muncul dalam benakku hingga sekarang. well, sudah seharusnya manusia memilikinya atas berkah yang diturunkan kepada mereka : akal dan pikiran. sayangnya pertanyaan pertanyaan itu banyak berlalu/hilang bukan karena sudah mendapat jawaban tapi karena terlupakan.

aku juga mau punya kotak pertanyaan dikamar!

aku akan menulis pertanyaan seperti : kapan aku lulus? kapan aku menikah? kapan aku punya anak? dan kapan aku mati? hahahahhahahahha~

~LOL~

No comments:

Post a Comment